Polres Tulang Bawang Gelar Latihan Dalmas Secara Periodik, AKBP James Paparkan Tujuannya


GK, TULANG BAWANG
- Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, menggelar latihan pengendalian massa (dalmas) sebagai bentuk kesiapan pengamanan menjelang pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulang Bawang.

Latihan pengendalian massa (dalmas) ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari berturut-turut dari Kamis (01/08/2024) s/d Sabtu (03/08/2024), di lapangan Mapolres setempat, serta diikuti oleh seluruh personel yang terlibat dalam dalmas awal dan dalmas lanjut.

"Latihan dalmas yang kami laksanakan ini, merupakan pelatihan rutin khususnya bagi pleton dalmas awal dan dalmas lanjut guna meningkatkan kompetensi personel dalam aspek keterampilan (skill) pengendalian massa," kata Kapolres Tulang Bawang, AKBP James H Hutajulu, SIK, SH, MH, MIK, Jum'at (02/08/2024).

Lanjutnya, dengan melaksanakan latihan dalmas secara periodik, personel yang tergabung dalam dalmas awal dan dalmas lanjut dapat memahami semua tahapan pengendalian massa, serta gerakan dalam ikatan kelompok pada situasi kontijensi.

"Latihan dalmas ini juga dimaksudkan untuk menyiapkan para personel dalam pelaksanaan pengamanan pelantikan anggota DPRD Kabupaten Tulang Bawang yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2024 nanti," papar perwira peraih Adhi Makayasa Akpol 2004.

Kapolres menerangkan, dengan melaksanakan latihan dalmas secara rutin, diharapkan bisa mencegah dan meminimalisir terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh personel terutama yang terlibat langsung dalam dalmas awal serta dalmas lanjut.

"Personel yang ditunjuk sebagai dalmas awal dan dalmas lanjut harus benar-benar faham serta mengerti, bahwa semua pergerakan harus dalam ikatan kelompok dan bukan perorangan. Mereka juga harus sadar kamera sehingga tidak melakukan perbuatan yang kontra produktif dan dapat menjatuhkan nama baik institusi Polri," terang perwira dengan melati dua dipundaknya.

AKBP James menambahkan, pelatihan dalmas yang dilakukan secara periodik akan membentuk karakter bahwa pasukan dalmas merupakan ujung tombak untuk menghadapi massa. Personel dalmas merupakan orang pilihan yang telah terlatih untuk menghadapi berbagai situasi sehingga mereka tetap bergerak dalam satuan kelompok,[Feby]

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama