Umbul-Umbul Yang Habiskan Anggaran Puluhan Juta, Tampak Hanya Sedikit yang Berkibar



GK, Tanggamus -- Pemerintah Pekon Sinarjawa, Kecamatan Airnaningan, Kabupaten Tanggamus, diketahui mengucurkan Anggaran Dana Desa (DD) hingga mencapai puluhan juta rupiah untuk pembiayaan Umbul-Umbul. Rabu, (14/8/2024).

Penelusuran Tinta Informasi di Pekon Sinarjawa pada H-3, menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79, mendapati pada pemukiman warga di sisi kanan kiri jalan poros, menuju antar Pekon, Kecamatan dan Kabupaten, yang di hiasi warna-warni Umbul-Umbul dan Bendera merah putih.

Hal itu merupakan salah satu simbol partisipasi masyarakat Indonesia, khususnya warga Pekon Sinarjawa dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan 

Dan mengenang jasa para pahlawan, utamanya, pada bulan inilah Ir. Soekarno- Hatta, memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 silam, dan tahun ini, Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada Sabtu, 17 Agustus 2024 mendatang.

Namun sedikit disayangkan, pasalnya, banyak didapati Umbul-Umbul yang tampak kusam, bahkan didapati juga pada jalur depan rumah warga yang belum memasang umbul-umbul. 

Diketahui, Pekon Sinarjawa pada tahun lalu, menghabiskan Anggaran (DD) hingga lebih dari Rp.50 juta, untuk pengadaan umbul- umbul tersebut. 

Di duga, hingga saat ini masih di simpan oleh Oknum Aparatur pekon setempat dan hanya dibagikan ke beberapa warganya saja.

Dalam penelusuran tersebut, tampak juga kegiatan Pemuda Pemudi yang Antusias mengikuti kompetisi olahraga Bola Volly di halaman Balai Pekon setempat. 

Usai kegiatan, dikatakan oleh Ketua Karangtaruna Pekon Sinarjawa, Doni Andalas, bahwa Bendera merah putih di depan Balai Pekon, akan dipasang pada esok hari.

"Besok pagi kita pasang, karena tadi tiang benderanya patah terkena bola Volly," katanya, saat ditanya tentang bendera yang belum nampak terpasang. (Ar)

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama