Top News

Upacara HUT RI ke-79, Pj Bupati Ungkap Capaian Kabupaten Tanggamus



GK, Tanggamus – Peringatan HUT RI ke-79 di Kabupaten Tanggamus Tahun 2024 dengan Tema ” Nusantara Baru Indonesia Maju”, berlangsung di Lapangan Merdeka Kecamatan Kota Agung, Sabtu, (17/8). Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati beberkan sejumlah pencapaian di Kabupaten Tanggamus.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Ir. Mulyadi Irsan M. T (Pj Bupati Tanggamus). Suaidi (Pj. Sekda Kabupaten Tanggamus), Para Kepala OPD. Peserta Upacara : TNI Polri, ASN Pemkab Tanggamus, Siswa/Siswi, para Ormas, para kepala pekon se-Kecamatan Kotaagung dan tamu undangan.

Dalam pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Ke 79 RI, bertindak selaku Irup adalah Dr.Ir. Mulyadi Irsan M.T (Pj Bupati Tanggamus) diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Tanggamus dan peserta lainnya.

Adapun petugas upacara adalah selaku Inspektur Upacara : Dr.Ir. Mulyadi Irsan M.T Pj Bupati Tanggamus. Komandan Upacara : Lettu Inf Jumiran Pasiter Kodim 0424/Tanggamus, Perwira Upacara Kapten Inf Juliani Abri Danramil 424-03/ Kota Agung, Komandan Pasukan Pengibar Bendera Letda Inf Yudi Pinalosa Dan Unit Intel Kodim 0424/Tanggamus, Petugas Pembawa Baki Aisyah Putria SMAN 2 Kota Agung, Pengibar Bendera M. Ifal Yuli Hendri SMA Negeri 1 Kota Agung. Aji Santoso SMAN 1 Semaka, Jovani Biamrirllah SMKN 1 Talang Padang.

Dalam amanatnya pada upacara peringatan HUT RI ke 79, Pj. Bupati Tanggamus menyampaikan, Setiap kita peringati hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, maka dalam kesadaran jiwa kita akan selalu terkenang sejarah perjuangan, pengorbanan para pahlawan dan pejuang bangsa, yang tulus ikhlas, rela melepas kepentingan diri pribadi, meninggalkan sanak keluarga.

“Bahkan sampai mengorbankan jiwa, raga, harta dan benda, semata-mata demi merebut dan mempertahankan setiap jengkal bumi pertiwi dari tangan penjajah untuk mewujudkan kemerdekaan,” ucapnya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, sudah sepatutnya kita memanjatkan do’a kepada para pahlawan yang telah gugur di medan juang maupun yang wafat setelah kemerdekaan, agar arwahnya diterima disisi Tuhan.

Sebagai generasi penerus, kita harus dapat mewarisi dan melestarikan nilai-nilai perjuangan generasi sebelumnya. Kita menyadari bahwa tiap-tiap generasi dalam perjalanan sejarah bangsa dihadapkan pada tantangan zaman yang berbeda-beda.

Saat ini semangat perjuangan tidak lagi dimanifestasikan dalam bentuk perjuangan fisik melawan penjajah, namun dalam bentuk perjuangan, pengabdian dan karya nyata untuk memecahkan berbagai permasalahan yang kita hadapi dalam rangka mencapai kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan bangsa dan negara.

Kini, 79 tahun sudah usia kemerdekaan kita hirup dan nikmati bersama. Setapak demi setapak kita telah berhasil merajut tata kehidupan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, sebagai pemersatu kekuatan bangsa yang dinaungi nilai-nilai luhur Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara Indonesia.

Sehingga, kehidupan terasa indah, nyaman, selaras, serasi dan seimbang. Kesulitan demi kesulitan, permasalahan, hambatan, bahkan gangguan berhasil kita lewati, termasuk Pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan telah meluluh-lantakan perikehidupan kita, berhasil dilewati dan kita terus survive atau bertahan walaupun dampak ekonomi masih terasa, namun perlahan-lahan kita berhasil bangkit.

Namun, seiring perkembangan jaman, aspirasi demokrasi, modernisasi, dan globalisasi, telah mengubah bahkan menggeser kepribadian luhur yang kita miliki bersama, yaitu rasa saling hormat menghormati, tolong menolong, gotong royong, menjadi semakin menipis.

Kesemuanya ingin serba instan dalam meraih sesuatu, memaksakan kehendak, saling curiga, saling mencari kesalahan, bahkan saling menjatuhkan untuk mendapatkan sesuatu.
Itulah fenomena nyata yang kita hadapi sekarang ini, yang tanpa kita sadari berpotensi memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih di tahun 2024 ini merupakan tahun politik di negara dan di daerah kita Tanggamus.

Setelah di bulan Februari kita sukses melaksanakan PILEG dan PILPRES, dan pada bulan November nanti di seluruh wilayah Kabupaten Tanggamus akan dilaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tanggamus untuk terus bersatu, beda pilihan adalah wajar dalam demokrasi.

Namun persatuan dan kebersamaan harus terus kita rajut, bersama-sama kita manfaatkan segala potensi keberagaman budaya, adat istiadat serta agama maupun potensi Sumberdaya Manusia dan Sumberdaya Alam yang ada, kita harus bersatu dan bergerak bersama untuk maju dan berprestasi dalam meningkatkan pembangunan di semua sektor kehidupan, agar masyarakat Tanggamus dapat hidup sejahtera lahir dan bathin.

Syukur Alhamdulillah, capaian pembangunan Kabupaten Tanggamus terus membaik dan meningkat dari tahun ke tahun. Capaian ini merupakan buah dari usaha dan kerja keras jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan tentunya karena dukungan, partisipasi serta doa dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Beberapa capaian indikator makro secara singkat dapat saya gambarkan sebagai berikut:

1) Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Tanggamus meningkat menjadi 69,93 dari 69,32pada tahun sebelumnya.

2) Angka Kemiskinan Kabupaten Tanggamus berhasil diturunkan menjadi 10,28 % dari 10,52 %;

3) Tingkat Pengangguran Terbuka juga berhasil diturunkan, menjadi 3,35 % dari 3,70 %;

4) Laju Pertumbuhan Ekonomi berhasil ditingkatkan menjadi 4,7 % dari 4,16 %;

5) Laju Pendapatan Perkapita Kabupaten Tanggamus meningkat sebesar 7,06 % dari 27,6 juta rupiah menjadi 29,5 juta rupiah;

6) Gini Ratio atau Ketimpangan Pendapatan Masyarakat di Kabupaten Tanggamus mampu diturunkan dari 0,261 menjadi 0,256.

“Di akhiri amanat saya ingin sampaikan penghargaan dan terima kasih yang tulus atas dorongan semangat, koreksi dan kritik kepada kami selaku penyelenggara pemerintahan baik eksekutif, yudikatif maupun legislatif dalam mengemban amanah tugas pemerintahan dan pembangunan selama ini,” ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan Rumah Dinas Bupati, berupa acara resepsi dalam rangka memperingati HUT RI ke 79 diikuti oleh Forkopimda Tanggamus, Kepala OPD dan tamu undangan. (Ar)

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama