Lokakarya Penyuluhan Masterplan IAD Perhutanan Sosial Kabupaten Pesawaran


GK, Pesawaran -
Peserta lokakarya penyusunan master plan IAD perhutanan sosial di Kabupaten Pesawaran, di Hotel Sheraton, Kota Bandar Lampung, Rabu (18/9/2024).

 
Lokakarya yang berlangsung di Hotel Sheraton Bandar Lampung tersebut dalam rangka penyusunan IAD (Integrated Area Development) atau Pembangunan Wilayah Terpadu, perhutanan sosial, Kabupaten Pesawaran. 

Kepala Seksi Wilayah 3 KLHK, Rita Safitri Christina Sinaga mengatakan, lokakarya tersebu digelar dengan Pemkab Pesawaran untuk menyamakan persepsi dalam pembangunan wilayah terpadu perhutanan sosial. 

Ia mengatakan, perhutanan sosial merupakan salah satu dari tiga pilar kebijakan pemerataan ekonomi serta.

"Dengan harapan adanya perhutanan sosial tersebut untuk mengurangi ketimpangan penguasaan lahan, kemiskinan dan pengangguran," Ujarnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesawaran, Wildan berharap semoga dengan adanya lokakarya penyusunan master plan IAD perhutanan sosial Pesawaran 2024 Dengan harapan dapat mempercepat pengembangan usaha perhutanan sosial demi pembangunan dan kemajuan Kabupaten Pesawaran. 

Luas hutan Kabupaten Pesawaran sebesar 32.851 hektar atau kurang lebih 26 persen dari luas keseluruhan wilayah Kabupaten Pesawaran,Hutan Produksi seluas 1.350 hektar, hutan lindung seluas 9.666,7 hektar dan sisanya merupakan hutan konservasi seluas 21.949 hektar. 

Kabupaten Pesawaran pada dasarnya masih didominasi oleh hutan, perkebunan dan sawah Sedangkan kegiatan perekonomian masyarakat, didominasi pada sektor pertanian dan perkebunan.

"Hal tersebut menjadi potensi yang besar dalam mendukung pengembangan perhutanan sosial di Kabupaten Pesawaran," ujar Wildan.(red)

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama